Ini Dia Bendungan Tugu dan Gongseng yang Diresmikan Presiden Jokowi

Pantau Proyek – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua bendungan di Provinsi Jawa Timur yakni, Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro, Selasa (30/11/2021).

“Pada kesempatan yang baik ini, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro hari ini saya resmikan,” tegas Jokowi dalam sambutannya dalam peresmian kedua bendungan itu.

Jokowi mengatakan, kedua bendungan ini sudah siap untuk dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan Indonesia.

Bendungan Tugu dibiayai dengan anggaran sebesar Rp 1,69 triliun dengan kapasitas tampung 12 juta meter kubik untuk memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektar.

Sementara Bendungan Gongseng berdaya tampung 22 juta meter kubik dan bisa mengairi 6.200 hektar sawah.

Dia berharap, kehadiran dua bendungan ini membuat aktivitas pertanian semakin meningkat dan para semakin produktif agar bisa sering panen.

“Sehingga, pendapatannya kita harapkan meningkat. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini,” kata Jokowi dikutip dari Kompas.com

Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur yang telah selesai dibangun dan mulai pengisian awal (impounding) pada 22 September 2021. Foto: Istimewa
Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur yang telah selesai dibangun dan mulai pengisian awal (impounding) pada 22 September 2021. Foto: Istimewa.

Gongseng dirancang sebagai bendungan tipe urugan batu inti tegak dengan tinggi bendungan utama 34 meter dan panjang puncak total mencapai 422 meter.

Konstruksi bendungan ini dilaksankan sejak tahun 2018 dengan kontraktor pelaksana PT Hutama Karya (Persero).

Sementara konsultan supervisi merupakan kerja sama operasi (KSO) antara PT Inakko Internasional Konsulindo, PT Tuah Agung Anugrah, serta PT Hilmy Anugrah.

Untuk Bendungan Tugu, pembangunannya dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sejak tahun 2014.

 

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.